Sinopsis KKN di Desa Penari, Perjalanan Spiritual Terjebak di Alam Ghaib

Sinopsis KKN di Desa Penari, Perjalanan Spiritual Terjebak di Alam Ghaib


Pecinta film Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan film KKN di Desa Penari. Film bergendre horor ini mendulang sukses besar sejak pertama kali tayang pada 30 April 2022 lalu.

Sinopsis KKN di Desa Penari ini pun banyak diburu orang yang ingin mengetahui garis besar ceritanya, khususnya mengapa Ayu dan Bima terjebak di alam ghaib hingga sekarang.

KKN di Desa Penari sendiri merupakan sebuah kisah nyata yang viral tahun 2019 melalui thread twitter @simpleman. Jalan cerita KKN di Desa Penari yang dibuat dua versi yakni versi Nur dan versi Widya pun langsung mencuri perhatian masyarakat dunia maya.

Kisah tragis 6 mahasiswa dan mahasiswi tersebut banyak dicari oleh netizen dan menjadi trending di tahun 2019. Cerita horor dari @simpleman tersebut menjadi yang paling cari di jagat maya. Bahkan selebritis Tanah Air pun banyak yang membicarakan kisah nyata ini.

Dan para indigo banyak yang menerawang lokasi KKN di Desa Penari tersebut yang disebutkan berada di ujung pulau Jawa. Bahkan beberapa indigo menyebutkan hingga saat ini arwah Ayu dan Bima masih terjebak di alam ghaib desa tersebut untuk membayar kesalahan mereka.

Begini sinopsisnya film kisah nyata ini:

Alkisah ada enam orang mahasiswa dan mahasiswi yakni Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton dan Wahyu yang melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di sebuah desa di pelosok hutan.

Nama desa itu adalah Desa Penari. Awalnya sang Kepala Desa yakni Pak Prabu menolak adanya KKN di kampung halamannya itu.

Namun karena desakan dari kakaknya Ayu yang merupakan kawan lama Pak Prabu, akhirnya mereka diizinkan untuk mengadakan program kerja di desa tersebut selama 6 minggu.

Jalan masuk ke dalam desa tersebut memang tidak terlalu jauh dari jalan besar, yakni sekitar 30 menit. Namun melalui hutan-hutan yang sangat lebat.

Mobil tidak bisa masuk ke dalam Desa Penari, dan para peserta KKN diantar ke dalam menggunakan motor.

Sejak awal masuk desa tersebut, Nur merasakan hal yang tidak enak dan selalu merasa berat di bahunya.

Bahkan ketika pertama kali Pak Prabu mengantar mereka keliling desa, Ayu melihat sosok tinggi hitam berbulu yang disinyalir sebagai genderuwo di dekat sinden atau kamar mandi desa tersebut.

Sinden merupakan tempat mandi khusus bagi para penari desa tersebut. Namun sekarang tidak bisa digunakan karena airnya kering.

Akhirnya mereka pun memutuskan untuk menjadi sinden tersebut sebagai proker (program kerja) kereka di  Desa Penari dengan berusaha mengalirkan air dari sungai ke kolam di sinden tersebut.

Di jalan, Widya mendengar suara gamelan di dalam hutan seperti ada orang hajatan, padahal tidak ada desa lain di dekat situ.

Teror demi teror pun dimulai sejak mereka masuk ke dalam perkampungan penuh misteri tersebut.

Ada makam-makam yang semuanya ditutup menggunakan kain hitam dan menurut Pak Prabu hal itu dikarenakan makam-makam tersebut masih baru.

Padahal di akhir cerita, rahasia di balik makam-makam itu sangat mengejutkan dan memiliki kisah tragis tersendiri.

Lalu ada sebuah gapura yang menurut kepercayaan masyarakat setempat sebagai pemisah antara wilayah desa dengan alas atau hutan.

Pak Prabu sendiri mewanti-wanti agar peserta KKN tidak masuk ke daerah tersebut. Namun pada akhirnya salah satu dari mereka melanggarnya.

Siapa kira-kira yang melanggarnya?

Betul sekali, Bima yang pertama kali melanggarnya kemudian Ayu.

Dan apa yang mereka lakukan di daerah alas atau hutan tersebut pada akhirnya yang membuat keduanya terjebak di alam ghaib hutan tersebut hingga kini.

Cinta segitiga

Sinopsis KKN di Desa Penari


Sinopsis kisah tragis dimulai ketika Bima jatuh cinta pada Widya dan ingin menjadikan gadis itu sebagai miliknya.

Bima pun didatangi oleh sosok jin wanita bernama Badarawuhi dalam mimpi, dimana ia melihat Widya terlilit oleh ular-ular besar.

Dalam mimpinya, Badarawuhi mengatakan Widya sejak awal diincar untuk menjadi dawuh atau penari di alam ghaib tersebut.

Bima yang terlanjur jatuh cinta pada Widya, tidak bisa menerima hal tersebut. Maka Badarawuhi pun menawarkan perjanjian dengan Bima.

Jin dengan sosok asli ular besar tersebut berjanji akan melepaskan Widya, asalkan Bima mau menuruti semua keinginannya termasuk bersetubuh dengannya.

Dalam mimpi, Badarawuhi memberikan sebuah gelang lengan pada Bima untuk diberikan pada Widya, dengan alasan gelang tersebut bisa melindungi gadis pujaannya itu.

Dan saat terbangun, ternyata gelang itu benar-benar ada padanya. Bima pun bingung dengan mimpi yang nampak nyata tersebut.

Untuk bisa memberikan gelang lengan itu, Bima minta pertolongan Ayu untuk menyimpannya diam-diam di tas Widya.

Namun ternyata, Ayu ini juga memiliki hati pada Bima. Ia bingung dengan maksud permintaan laki-laki pujaannya itu.

Dan ternyata Badarawuhi mengetahui perasaan Ayu pada Bima. Jin ini pun mendatangi Ayu dan memberikannya selendang.

Dengan selendang tersebut, Badarawuhi mengatakan dia bisa mendapatkan Bima seutuhnya.

Ternyata benar saja, Ayu berhasil menaklukan Bima dan melakukan perbuatan tidak senonoh di tapak tilas dalam hutan terlarang.

Nur yang memergoki keduanya, tidak habis pikir mengapa kedua temannya itu bisa melakukan hal tersebut di tempat KKN mereka.

Badarawuhi pun datang dan mengancam Nur agar tidak ikut campur dalam urusannya. Namun jin wanita itu tidak bisa mencelakai Nur karena ada sosok yang menjaganya.

Ia adalah Mbah Dok yang merupakan khodam leluhur Nur. Dan gadis berhijab itu sama sekali tidak tahu kalau dirinya dijaga oleh makhluk ghaib yang sangat disegani bangsa jin lain.

Untuk menikmati kisah nyata KKN di Desa Penari ini selengkapnya, lebih baik jika nonton di bioskop secara langsung.

Karena kisah nyata ini dikemas dengan begitu apik oleh sineas kawakan Awi Suryadi.

Dari sisi tempat pengambilan gambar, kualitas gambar, suara, akting para pemainnya patut diacungi jempol.

Tak heran film yang menghabiskan dana sekira Rp 15 miliar ini berhasil mendulang sukses.

Dalam waktu 11 hari, sudah ada 3.724.864 orang yang menonton film ini langsung di seluruh bioskop Tanah Air.

Itulah sinopsis singkat KKN di Desa Penari yang merupakan kisah nyata tragis dimana arwah Ayu dan Bima masih terjebak di alam ghaib hutan terlarang hingga kini.*


0 Response to " Sinopsis KKN di Desa Penari, Perjalanan Spiritual Terjebak di Alam Ghaib"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2