3 Objek Wisata di Riau, Nomor 2 Bikin Ketagihan

Sungai Gulamo (net)

Berakhir pekan pasti sangat menyenangkan mengunjungi objek wisata. Namun, kadang kita sering bingung  memilih objek wisata untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Di Provinsi Riau, banyak terdapat objek wisata yang bisa dikunjungi. Namun, ada 3 objek wisata di Riau yang  direkomendasi Waktusantai.com untuk kamu kunjungi.

Berikut 3 Objek Wisata di Riau yang harus kamu kunjungi:

1. Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua merupakan salah satu objek wisata di Riau yang bisa kamu kunjungi. Kamu yang ingin memacu adrenalin, Air Terjun Aek Martua sangat cocok menjadi pilihan.

Air Terjun Aek Martua juga sering disebut sebagai Air Terjun Tangga Seribu. Sebab, air terjun ini memiliki banyak tingkatan yang membuatnya terlihat seperti tangga. Setiap tingkatan memiliki ketinggian berbeda mulai dari 15 meter sampai 40 meter.

Untuk sampai ke sini, kamu memerlukan pengorbanan serta tenaga yang lebih. Tapi tenang aja, pengorbanan kamu nggak akan sia-sia karena selama di perjalanan, kamu akan ditemani oleh panorama hutan yang sejuk dan asri banget.

Ketika kamu sampai, kamu akan segera disambut gemuruh suara air terjun yang menyejukkan. Katanya, air terjun ini merupakan air terjun tertinggi yang ada di daerah ini. *tiket.com

2. Sungai Gulamo

Sungai Gulamo

Sungai Gulamo adalah salah satu objeki wisata andalan Kabupaten Kampar. Objek wisata satu ini menyuguhkan keindahan sungai yang dipadukan dengan tebing di kiri kanannya. Suasana teduh dengan pepohonan besar yang mengelilinginya.

Gulamo berada di kawasan PLTA Koto Panjang. Tepatnya masuk wilayah Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Berada di arah Barat Kota Pekanbaru. Jaraknya sekitar 95 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2,5 – 3 jam berkendara. Daya tarik utama dari objek wisata sungai di Kampar ini adalah panoramanya yang tidak biasa dan indah dilihat.

Perlu kamu ketahui bahwa Gulamo masuk sebagai salah satu nominasi dalam daftar Surga Tersembunyi oleh Anugerah Pesona Indonesia di Tahun 2019. Berada di kawasan danau PLTA Koto Panjang, pengunjung akan diajak menelusuri perairan danau menggunakan sampan untuk dapat sampai ke sungai Gulamo.

Selama berperahu, kamu akan merasakan ketenangan dan udara sejuk. Juga disambut dengan suguhan rimbunnya tumbuh-tumbuhan di sisi-sisi danau. Terlihat pula batang-batang pohon mati yang terendam seakan menghiasi perjalanan.

Sesekali, kamu akan bertemu dengan nelayan yang sedang mencari ikan. Serta warga setempat yang sedang beraktivitas. Selama kurang lebih 1 jam membelah danau PLTA Koto Panjang, sampan memasuki sungai Gulamo. 

Di sini kamu akan melihat warna air sungai yang hijau terang. Memasuki kerimbunan, udara pun terasa lebih sejuk. Di aliran sungai yang dangkal, sesekali sampan didorong sampai ke aliran yang lebih dalam.

Kamu akan semakin terpukau saat tiba dan melewati bagian sungai yang diapit dengan tebing curam di sisi kiri dan kanan. Foto-foto di sini akan menghasilkan gambar yang sangat bagus.

Semakin menyusuri sungai, akan bertemu dengan dua air terjun yang menjadi ikon wisata sungai Gulamo. Kamu bisa melakukan aktivitas seru di sini.

Bisa mandi di aliran sungai, berendam di bawah pancuran air terjun, atau melompat dari bebatuannya. Rekreasi akan semakin terasa dan berkesan dengan kamu basah-basahan di sini. *genpi.id

3. Taman Bunga Impian Okura

Taman Bunga Okura

Buat kamu yang berniat memanjakan mata dengan bunga yang berwarna-warni, Taman Bunga Impian Okura ini bisa menjadi objek wisata yang tepat. Taman ini berada di daerah yang masih sangat asri, jauh dari hiruk-pikuk kota dan kebisingan. Tempat ini juga salah satu pilihan objek wisata di Pekanbaru

Seperti namanya, lahan sebesar dua hektar yang tadinya kosong ini, disulap menjadi taman yang dipenuhi oleh bunga. Selain melihat bunga yang berwarna-warni, kamu juga bisa melihat pemandangan sungai terdalam di Indonesia, yaitu Sungai Siak.

Kamu nggak usah khawatir, karena taman bunga ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Seperti tempat makan yang berada di sekitar taman, toilet umum, bahkan tempat ibadah. 

Lokasinya yang strategis mempermudah kamu untuk melipir ke tempat wisata lainnya. Seperti Taman Agrowisata Okura dan Wisata Rekreasi Danau Buatan. *tiket.com


0 Response to "3 Objek Wisata di Riau, Nomor 2 Bikin Ketagihan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2