Jangan Takut Corona Saat Liburan Akhir Tahun, Begini Tipsnya

 


SEBAGIAN
Masyarakat Indonesia saat ini mungkin sedang galau. Sebab, liburan akhir tahun sudah tiba namun terganggu oleh Virus Corona yang mewabah sejak satu tahun terakhir.

Pemerintah pun mengatur, seluruh tempat umum wajib mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari Corona. Tapi, bagi yang jiwa petualangnya sudah memuncak, mungkin tidak ada halangan untuk liburan.

Asalkan, menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada. Menurut Epidemiologi Universitas Indonesia Dr dr Tri Yunis Miko Wahyono MSc ada tips aman liburan yang dikutip dari inews.id. Berikut ulasannya: 

1. Pakai masker dengan benar Menghindari percikan air liur saat berbicara menjadi hal penting dan mendasar saat Anda berlibur. 

Terkait masker yang direkomendasikan, dr Tri menjelaskan bahwa masker kain hanya 70 persen melindungi Anda, masker bedah 80 sampai 90 persen, dan masker N95 yang paling aman. 

2. Hindari kerumunan Saat berlibur, usahakan untuk menjauh dari kerumunan karena dapat meningkatkan risiko terpapar covid-19. Ini terjadi karena Anda tidak mampu menjaga jarak dengan wisatawan lain akibat banyaknya orang. 

3. Pilih lokasi wisata di zona hijau Agar wisata Anda lebih aman, maka pilih lokasi yang berada di zona hijau. Usahakan untuk tidak atau menghindari memilih zona merah karena risiko terpapar covid-19 di wilayah tersebut sangat tinggi. 

4. Lebih baik datangi tempat wisata outdoor Selain zona hijau, dr Tri menyarankan juga agar Anda memilih lokasi wisata outdoor seperti pantai, gunung, atau area permainan outdoor lainnya. 

Sebisa mungkin jangan memilih lokasi wisata dalam ruangan atau tidak ada cahaya matahari atau tidak terciptanya sirkulasi udara yang baik. 

5. Pastikan Anda fit Ini sangat penting. Jangan pergi berlibur kalau Anda merasa sedang tidak enak badan. Ingat, jangan memaksakan perjalanan hanya karena anggapan 'momen yang susah terulang kembali' atau 'sudah terlanjur buat janji'. Anda sekarang berlibur di masa pandemi, bukan di waktu normal.


0 Response to " Jangan Takut Corona Saat Liburan Akhir Tahun, Begini Tipsnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2