Loading...

Sumur Tua Masjid Raya Pekanbaru yang Misterius

sumber: detikcom
BERBICARA soal sejarah, sungguh banyak yang harus dibahas. Apalagi jejak sejarah itu masih ada hingga saat ini. Di Indonesia, jumlah peninggalan sejarah sangat banyak. Salah satunya ada di Kota Pekanbaru, seperti Masjid Raya Pekanbaru. BACA: Mengintip Moleknya Desa Wisata Okura

Masjid ini terletak di Jalan Senapelan, lokasinya tak jauh dari wisata belanja Pasar Bawah. Salah satu masjid tertua ini adalah peninggalan kesultanan Siak tempo dulu. Kondisi Masjid yang dibangun sejak tahun 1762 ini masih terawat. Bahkan sudah direnovasi oleh pemerintah setempat.


Pada awal di bangun, masjid ini memiliki ukuran kecil serta terbuat dari kayu. Saat ini, jika datang ke masjid ini kita akan melihat masjid megah didominasi warna kuning khas Melayu serta berkubah besar. Sesudah direnovasi, ukuran masjid sekarang ini meraih 60 x 80 meter.

Di masjid ini terdapat satu sumur tua yang airnya dipercaya dapat mengobati beragam jenis penyakit. Konon, pamor sumur ini terdengar hingga ke negeri tetangga dan membuat wisatawan dari Singapura, Brunei Darussalam serta Malaysia penasaran dan datang untuk membuktikannya.

sumber: detikcom
Konon, air sumur di masjid ini akan bergemuruh saat adzan berkumandang. Sumur tua itu letaknya di sebelah kiri bangunan jika kita masuk lewat bagian depan Masjid Raya Pekanbaru.

Dulu sumur ini terpisah dari bangunan masjid sebelum ada renovasi. Karena adanya bangunan renovasi, bagian atas menjadi bertambah meninggi. Uniknya, sumur yang hanya berdiameter 2 meter itu sudah ada sejak masjid ini dibangun pada masa kejayaan Sultan Siak V, jauh sebelum kemerdekaan RI.

Air sumur ini berfungsi untuk tempat mengambil air wudu. Dulu orang mengambil air menggunakan timba, sekarang dengan mesin air yang disalurkan ke tempat wudu.

sumber: detikcom
Air sumur ini tak pernah kering. Dulu kabarnya, bila air sumur mulai menyusut, saat adzan berkumandang, air sumur akan bergemuruh bertanda mata air mengeluarkan air yang begitu deras. Terlebih saat akan salat Jumat.

Meski sulit dibuktikan, faktanya air sumur ini tidak pernah kering. Soal khasiat air sumur ini tidak hanya diyakini masyarakat Riau. Warga negara Malaysia dan Singapura juga tahu soal cerita itu. Makanya, masyarakat Malaysia kalau mampir ke masjid ini, juga selalu meminum airnya, malah ada yang membawanya pulang.**

Sumber: Net


Add Your Comments

Disqus Comments