Loading...

Wisata Batu Gajah di Rohul

KABUPATEN Rokan Hulu merupakan salah satu kabupaten pemekaran dari kabupaten Kampar. Daerah ini dikenal dengan Negeri Seribu Suluk. Tak kalah dengan kabupaten lainnya, negeri ini juga memiliki tempat-tempat wisata yang sangat potensial.

Banyak wisata alam, sejarah dan religi yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu. Hanya saja, masih banyak terkendala infrastruktur dan sarana prasarana penunjang lainnya. Belum tergarap maksimal dikarenakan keterbatasan anggaran daerah.

Rohul tidak ketinggalan dalam menyelami industri pariwisata tersebut karena kegiatan pariwisata dapat memajukan daerah serta memberi multiplayer effect terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat, baik dampak langsung, tak langsung serta dampak ikutan.

Di negeri Seribu Suluk ini banyak lokasi wisata alam, seperti yang terkenal pemandian Air Panas atau Air Tejun Aek Matua. Namun. kini sudah ada destinasi wisata baru, yang dikenal masyarakat pemandian Batu Gajah. Lokasi yang berada di Simpang Pawan, Rambah ini memang belum terlalu dikenal.


Pemandian Batu Gajah merupakan sungai jernih berwarna hijau, dan banyak terdapat batu-batu besar. Lalu ada batu yang terbelah, jika dilihat sekilas seperti kepala gajah. Lokasi wisata tersebut masih kurang ekspos. Jalanan yang masih tanah dan curam membuat akses ke lokasi ini cukup susah dilalui. Apa lagi minim petunjuk jalan. Biasanya, pengunjung yang ingin ke lokasi ini harus bertanya kepada warga setempat untuk sampai di lokasi ini.

Salah seorang Warga Rohul, Riki menyebutkan lokasi wisata alam ini cukup menarik. Pemandian yang ada di sini berbentuk kolam kecil yang dikelilingi bebatuan alam. Menutunya, wisata ini disebut Batu Gajah lantaran ada batu besar yang membentuk telinga, belalai bahkan berbentuk badan seekor gajah.

"Lokasinya asyik, kalau saja jalan menuju lokasi ini diperhatikan Pemerintah, saya yakin tempat ini akan ramai dan bisa menjadi destinasi wisata andalan di Rohul. Saya berharap pemerintah daerah bisa mengekspos wisata alam ini. Karena sudah banyak tempat wisata, tapi masih belum terpublish. Padahal keindahan alamnya gak kalah dengan tempat lain," harap Riki.**




Add Your Comments

Disqus Comments